Kepala sekolah merupakan figur sentral dalam pengelolaan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Selain berperan sebagai manajer, kepala sekolah juga menjadi pemimpin pembelajaran, pembina guru, hingga agen perubahan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang komprehensif dan sesuai standar agar mampu menjalankan tugasnya secara profesional. Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKOM Kepala Sekolah) bertujuan untuk memastikan bahwa kepala sekolah benar-benar memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai tuntutan profesi.
Berikut ini adalah kisi-kisi dan materi utama Uji Kompetensi Kepala Sekolah yang perlu dikuasai:
Daftar Isi
ToggleKisi-Kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah

Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKOM KS) merupakan salah satu instrumen penting untuk memastikan bahwa kepala sekolah memiliki kompetensi sesuai standar profesinya. Sebagai pemimpin satuan pendidikan, kepala sekolah harus mampu mengelola sekolah secara strategis dan efisien, memimpin pembelajaran, melakukan supervisi akademik, hingga menjalin kemitraan dan memperkuat profil pelajar Pancasila. Oleh karena itu, kisi-kisi ini dirancang agar para kepala sekolah memahami ruang lingkup materi yang akan diujikan dan mempersiapkan diri secara optimal.
1. Kompetensi Manajerial Sekolah
- Penyusunan RKS (Rencana Kerja Sekolah) dan RKAS
- Manajemen keuangan berbasis BOS dan BOSDA
- Evaluasi diri sekolah (EDS) dan supervisi akademik
- Pengelolaan SDM (guru, tenaga kependidikan, komite sekolah)
2. Kepemimpinan Pembelajaran
- Peran kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran
- Strategi peningkatan mutu hasil belajar siswa
- Pendampingan guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka
- Penguatan literasi, numerasi, dan pembentukan karakter siswa
3. Supervisi Akademik & Evaluasi Kinerja Guru
- Teknik observasi pembelajaran dan umpan balik berbasis rubrik
- Penyusunan instrumen supervisi dan tindak lanjut pembinaan
- Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
4. Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
- Implementasi P5 dalam pembelajaran dan pembiasaan di sekolah
- Penyusunan projek penguatan karakter
- Membangun kolaborasi dengan masyarakat untuk mendukung P5
5. Digitalisasi Manajemen Sekolah
- Pemanfaatan platform Merdeka Mengajar dan ARKAS
- Implementasi sistem informasi manajemen sekolah berbasis daring
- Pengelolaan data Dapodik dan pelaporan BOS secara online
6. Pengembangan Sekolah Ramah Anak dan Inklusif
- Pencegahan perundungan dan kekerasan di sekolah
- Penyusunan SOP sekolah sehat dan ramah anak
- Fasilitasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK)
7. Penguatan Kemitraan dan Hubungan Eksternal
- Membangun jejaring dan kemitraan strategis
- Peran kepala sekolah dalam CSR dan kerja sama dunia usaha-industri
- Komunikasi efektif dengan komite sekolah dan orang tua
8. Etika, Kepemimpinan, dan Kepribadian Kepala Sekolah
- Kepemimpinan visioner dan keteladanan dalam sikap dan keputusan
- Pengambilan keputusan berbasis data dan moral
- Integritas dan tanggung jawab sosial sebagai pimpinan lembaga
9. Pemahaman Regulasi dan Kebijakan Pendidikan
- Permendikbud No. 40/2021, Permendikbud No. 15/2018
- Standar Nasional Pendidikan dan SNP PAUD/DIKDASMEN
- Kebijakan PAK dan peraturan pengangkatan serta penilaian kepala sekolah
20 Soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah

alam upaya mempersiapkan kepala sekolah menghadapi Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKOM KS), berikut disajikan contoh soal-soal latihan yang disusun berdasarkan kisi-kisi resmi dan materi kompetensi kepala sekolah. Soal-soal ini mencakup berbagai aspek kompetensi mulai dari manajerial sekolah, kepemimpinan pembelajaran, supervisi akademik, hingga pemahaman terhadap regulasi pendidikan terkini. Selain soal pilihan ganda, setiap soal juga dilengkapi pembahasan agar Anda lebih memahami konsep dan mampu mengidentifikasi jawaban yang benar secara tepat dan kritis. Semoga latihan soal ini membantu Anda memaksimalkan persiapan dan meraih hasil terbaik pada UKOM Kepala Sekolah.
Soal 1
Kepala sekolah ingin meningkatkan efektivitas penyusunan RKAS. Langkah awal yang harus dilakukan adalah…
A. Meminta guru menentukan kebutuhan pribadi mereka
B. Mengevaluasi program dan capaian RKAS tahun sebelumnya
C. Meminta bendahara membuat perencanaan sendiri
D. Menyerahkan penyusunan RKAS kepada operator sekolah
E. Menunda penyusunan hingga mendapat instruksi Dinas
Jawaban: B
Pembahasan:
RKAS harus didasarkan pada evaluasi program dan capaian sebelumnya agar perencanaan lebih sesuai kebutuhan sekolah.
Soal 2
Pengelolaan keuangan sekolah harus transparan dan akuntabel. Salah satu prinsip penting dalam pengelolaan dana BOS adalah…
A. Hanya kepala sekolah yang boleh mengetahui laporan keuangan
B. Publikasi penggunaan anggaran di papan informasi sekolah
C. Pelaporan keuangan hanya ke komite sekolah
D. Hanya diaudit sekali per lima tahun
E. Tidak perlu membuat pembukuan
Jawaban: B
Pembahasan:
Transparansi pengelolaan dana BOS diwujudkan salah satunya melalui publikasi penggunaan anggaran agar semua pihak tahu.
Soal 3
Sebagai pemimpin pembelajaran, kepala sekolah harus mengutamakan…
A. Kegiatan administratif ketimbang pembelajaran
B. Pengembangan pembelajaran berorientasi siswa
C. Pembangunan fasilitas semata
D. Keamanan lingkungan sekolah
E. Peningkatan honor guru
Jawaban: B
Pembahasan:
Kepemimpinan pembelajaran berfokus pada upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan capaian belajar siswa.
Soal 4
Upaya kepala sekolah untuk menguatkan literasi dan numerasi di sekolah bisa dilakukan dengan cara…
A. Memperbanyak tugas rumah
B. Menyediakan pojok baca dan program membaca rutin
C. Melarang penggunaan gawai di sekolah
D. Memperketat peraturan masuk
E. Menambah jam olahraga
Jawaban: B
Pembahasan:
Penguatan literasi dan numerasi perlu pembiasaan membaca dan lingkungan belajar yang mendukung, seperti pojok baca.
Soal 5
Pada saat supervisi pembelajaran, kepala sekolah harus memberikan umpan balik berbasis rubrik agar…
A. Guru merasa puas dan senang
B. Guru mengetahui kelebihan dan area perbaikan pembelajaran
C. Nilai guru meningkat
D. Supervisor terlihat berwibawa
E. Memenuhi berkas administrasi supervisi
Jawaban: B
Pembahasan:
Umpan balik berbasis rubrik membuat guru memahami kekuatan dan kelemahan pembelajarannya agar pembelajaran lebih baik.
Soal 6
Langkah pertama kepala sekolah dalam merencanakan pelatihan guru adalah…
A. Memilih instruktur eksternal
B. Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan guru
C. Menentukan anggaran
D. Menyebar surat undangan
E. Memesan ruangan
Jawaban: B
Pembahasan:
Pelatihan harus sesuai kebutuhan guru agar tepat sasaran dan berdampak.
Soal 7
Penguatan proyek profil pelajar Pancasila harus melibatkan siswa agar mereka…
A. Mendapat nilai lebih tinggi
B. Memahami dan mengamalkan nilai Pancasila secara nyata
C. Dikenal di luar sekolah
D. Dapat memenangkan lomba
E. Lebih sering keluar kelas
Jawaban: B
Pembahasan:
P5 bertujuan agar siswa mampu menghayati dan mengamalkan nilai Pancasila lewat pembelajaran berbasis proyek.
Soal 8
Salah satu contoh proyek penguatan profil pelajar Pancasila di tingkat SD adalah…
A. Membuat presentasi PowerPoint
B. Membuat taman toga dan belajar menjaga lingkungan
C. Mengerjakan soal latihan
D. Menulis laporan hasil belajar
E. Berdiskusi di dalam kelas
Jawaban: B
Pembahasan:
Proyek harus konkret dan relevan untuk pembentukan karakter dan kepedulian siswa.
Soal 9
Platform Merdeka Mengajar memfasilitasi guru dan kepala sekolah dalam…
A. Menyusun soal ujian
B. Mengakses perangkat ajar dan belajar mandiri
C. Melaporkan penggunaan BOS
D. Menerbitkan SK sekolah
E. Menerima dana bantuan
Jawaban: B
Pembahasan:
Platform Merdeka Mengajar menyediakan banyak perangkat ajar dan pelatihan mandiri untuk guru dan kepala sekolah.
Soal 10
Pengelolaan data siswa dan guru secara online biasanya menggunakan aplikasi…
A. E-Raport
B. Dapodik
C. ARKAS
D. E-Sekolah
E. SIAKAD
Jawaban: B
Pembahasan:
ata pendidikan nasional dikelola melalui Dapodik untuk kebutuhan perencanaan dan evaluasi.
Soal 11
Salah satu prinsip sekolah ramah anak adalah…
A. Ketegasan dan disiplin ketat
B. Memastikan anak merasa aman dan nyaman belajar
C. Memperbanyak tugas
D. Membatasi waktu bermain
E. Menambah mata pelajaran
Jawaban: B
Pembahasan:
Sekolah ramah anak menjamin rasa aman dan nyaman secara fisik maupun psikis agar anak belajar lebih baik.
Soal 12
Jika terdapat siswa berkebutuhan khusus di sekolah, kepala sekolah harus memastikan…
A. Memindahkannya ke sekolah luar biasa
B. Menyediakan layanan pendidikan inklusif dan guru pembimbing khusus
C. Meminta orang tua memindahkan anak
D. Memisahkan ruang belajar khusus
E. Tidak melibatkan dalam pembelajaran
Jawaban: B
Pembahasan:
Sekolah harus memfasilitasi pendidikan inklusif agar anak berkebutuhan khusus tetap mendapatkan layanan dan pembelajaran sesuai kebutuhan.
Soal 13
Kepala sekolah menjalin kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) terutama bertujuan untuk…
A. Memperoleh bantuan biaya rutin dari perusahaan
B. Menyiapkan program magang dan pembelajaran berbasis kebutuhan industri
C. Meminjam peralatan operasional perusahaan
D. Mengurangi pengeluaran listrik sekolah
E. Memasarkan produk buatan siswa ke luar
Jawaban: B
Pembahasan:
Kolaborasi antara sekolah dan DUDI bertujuan agar pembelajaran di sekolah lebih relevan dan sesuai kebutuhan dunia kerja, salah satunya lewat program magang dan pendekatan link and match. Dengan begitu, lulusan lebih siap bersaing dan berkontribusi di industri.
Soal 14
Dalam berkomunikasi dengan komite dan orang tua, kepala sekolah harus mengutamakan prinsip…
A. Satu arah dan instruktif
B. Formal dan kaku
C. Terbuka dan dialogis
D. Cepat dan praktis
E. Rahasia dan tertutup
Jawaban: C
Pembahasan:
Komunikasi yang berlangsung secara terbuka dan melibatkan partisipasi semua pihak akan memperkuat hubungan harmonis sekaligus membangun rasa saling percaya antara sekolah dan warga sekitar.
Soal 15
Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu memberi contoh dalam…
A. Kedisiplinan dan tanggung jawab
B. Mengerjakan administrasi cepat
C. Mengajar semua mata pelajaran
D. Menulis surat edaran banyak
E. Memberikan instruksi tegas
Jawaban: A
Pembahasan:
Keteladanan kepala sekolah terlihat dari kedisiplinan dan tanggung jawabnya dalam menjalankan tugas.
Soal 16
Pengambilan keputusan kepala sekolah harus didasarkan pada…
A. Kepentingan pribadi
B. Kepentingan kelompok tertentu
C. Data dan pertimbangan nilai moral
D. Instruksi dari yayasan
E. Saran siswa saja
Jawaban: C
Pembahasan:
Keputusan harus berbasis data dan nilai moral agar bijaksana, adil, dan bisa dipertanggungjawabkan.
Soal 17
Peraturan terbaru mengenai Kepala Sekolah diatur dalam…
A. Permendikbud No. 40 Tahun 2021
B. Permendikbud No. 15 Tahun 2018
C. Permendikbud No. 20 Tahun 2016
D. Permendikbud No. 75 Tahun 2019
E. Permendikbud No. 4 Tahun 2020
Jawaban: A
Pembahasan:
Permendikbud No. 40 Tahun 2021 merupakan peraturan terbaru mengenai persyaratan dan tugas kepala sekolah.
Soal 18
Standar Nasional Pendidikan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah diatur dalam…
A. Permendikbud No. 40 Tahun 2021
B. Permendikbud No. 22 Tahun 2016
C. PP No. 57 Tahun 2021
D. Permendikbud No. 21 Tahun 2016
E. Permendikbud No. 37 Tahun 2018
Jawaban: C
Pembahasan:
PP No. 57 Tahun 2021 mengatur Standar Nasional Pendidikan untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Soal 19
Kepala sekolah harus rutin mengikuti pengembangan profesi agar…
A. Mendapatkan kenaikan gaji
B. Meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan
C. Terlihat sibuk di mata guru
D. Bisa membuat guru segan
E. Mendapatkan penghargaan pemerintah
Jawaban: B
Pembahasan:
Pengembangan profesi kepala sekolah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan memimpin secara berkelanjutan.
Soal 20
Untuk mengukur kinerja kepala sekolah, salah satu instrumen penilaian resmi adalah…
A. PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah)
B. RKS (Rencana Kerja Sekolah)
C. PPK (Penilaian Prestasi Kerja)
D. RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah)
E. UKG (Uji Kompetensi Guru)
Jawaban: A
Pembahasan:
KKS adalah instrumen penilaian resmi untuk mengukur kinerja kepala sekolah sesuai standar dan tugas pokoknya.
Untuk bisa lolos Uji Kompetensi Kepala Sekolah, Anda perlu menguasai kompetensi manajerial, kepemimpinan pembelajaran, supervisi akademik, hingga pemahaman regulasi dan kebijakan pendidikan. Latihan soal secara rutin akan membantu Anda mengenali pola soal, memperkuat pemahaman konsep, dan meningkatkan kecepatan berpikir. Manfaatkan kisi-kisi dan soal-soal di atas sebagai bagian dari persiapan intensif Anda agar lebih percaya diri dan siap menghadapi ujian. Semoga sukses!
Ingin Soal Tes Masuk perawat yang Lebih Lengkap?

Dapatkan kumpulan soal lengkap, pembahasan terperinci, serta tips strategi menjawab soal Uji Kompetensi Kepala Sekolah hanya di situs resmi kami. Dapatkan akses penuh melalui aplikasi resmi kami dan lanjutkan perjalanan belajarmu sekarang juga lewat tautan yang tersedia.

